tugas pelatihan menulis success story

tugas 1

Hari ini, *** tahun yang lalu, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) telah mengeluarkan Rekomendasi Ombudsman No.*** tentang ***. Rekomendasi Ombudsman tegas menyampaikan
bahwa *** Tapi, saat ini, setelah *** tahun usai rekomendasi diberikan, seolah tidak ada closure mengenai kasus GKI Yasmin.

Jemaah Yasmin masih melakukan kebaktian setiap minggu di luar pagar istana negara.
Jemaah Yasmin berbagi hari dengan peserta aksi ‘Kemisan’ yang masih hadir setiap hari kamis, menuntut penuntasan orang-orang yang hilang pada aksi 1998.

Rekomendasi Ombudsman saat ini belum menjadi akhir yang menuntaskan, belum menjadi jawaban dari pertanyaan dan ekspektasi masyarakat. Benarkah demikian?

Kasus GKI Yasmin bukanlah kasus yang bisa diselesaikan secara an-sich. Sama sekali bukan kasus yang selesai melalui hitam-putih penegakan hukum formal. GKI Yasmin merupakan kasus yang patut dicermati, melalui pendekatan kemanusiaan, akal sehat, dan impartialitas yang hanya dimiliki oleh Ombudsman. Pendekatan Ombudsman memang berangkat dari sisi kemanusiaan.

Berbeda dari lembaga lain, yang rekomendasinya tidak dijalankan lalu lepas tangan. Ombudsman tetap berperan aktif bersama lembaga-lembaga negara dan pemerintah daerah dalam penyelesaian kasus Yasmin. Ketegasan sikap Ombudsman yang tidak memperlakukan kasus Yasmin seperti business as usual.

Ironisnya, tidak banyak yang tahu.
Akibatnya banyak yang bersikap skeptis terhadap kewenangan Ombudsman.

Rekomendasi Ombudsman yang belum dijalankan, dimata Ombudsman merupakan hari yang belum selesai. Sampai saat ini, Ombudsman berdampingan dengan Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Pemerintah daerah, perwakilan warga, bersama perwakilan jemaah Yasmin masih berkomunikasi untuk solusi terbaik penyelesaian kasus ini. Solusi yang diharapkan bisa menjadi penyelesaian terbaik.

Sekarang masyarakat baru menilai Ombudsman berada dalam ranah hukum positif, padahal kita perlu sekali lagi mempertegas kehadiran Ombudsman sebagai lembaga yang bisa menjadi lembaga alternatif penyelesaian sengketa. Sesuatu yang berbeda, yang belum banyak diketahui hingga belum maksimal dimanfaatkan.

Meskipun Kasus GKI Yasmin masih bergulir, Ombudsman tetap berdiri dan masih mengupayakan langkah-langkah strategis, untuk penyelesaian terbaik. Sampai kapan? Sampai pihak Ombudsman menyatakan kasus ditutup. Sampai penyelesaian terbaik diimplementasikan. Jalan masih panjang. Untuk kasus Yasmin, rekomendasi Ombudsman baru permulaan ==

please review

thanks

Ita

Sent from my iPad

3 thoughts on “tugas pelatihan menulis success story

    • Ombudsman sudah mengeluarkan Rekomendasi untuk kasus GKI Yasmin, terkait maladministrasi dan tindakan melawan hukum yang terjadi. Tapi tulisan ini cuma tulisan yg dibuat untuk pelatihan menulis yg diselenggarakan oleh MSI untuk Ombudsman. Jadi kritik dan saran perbaikannya ditunggu. Terimakasih ya mas Elam ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s