Konsep Pengantar pada Buku ‘Ombudsman RI dalam Liputan Pers’ – critics please

Semua bermula dari hal-hal yang sederhana, begitu juga ide untuk mengemas ulang pemberitaan tentang Ombudsman Republik Indonesia dalam satu buku: ‘Ombudsman RI dalam Liputan Pers’. Ide untuk menyusun ulang materi kliping harian dalam satu konsep baru pengemasan kiprah Ombudsman yang terekam melalui liputan media massa.

Bila kita membaca Koran di pagi hari, browsing media online, kami menyadari bahwa, pemberitaan media massa, yang juga dirangkum dalam kliping harian bukanlah sekedar dokumentasi atau sekedar guntingan Koran. Pemberitaan Ombudsman adalah rekam jejak pelaksanaan pekerjaan dan kinerja Ombudsman hari demi hari. Semua kegiatan Ombudsman, rekomendasi Ombudsman, gebrakan –semuanya, menjadi jejak-jejak kinerja yang akan senantiasa segar dalam ingatan kita. Dari sini lahir ide untuk mengemas kliping menjadi apa yang sudah dapat kita nikmati dalam buku ini.

Penyusunan ‘Ombudsman RI dalam Liputan Pers’ dibingkai pada esensi kehadiran Ombudsman: Mewujudkan perbaikan pelayanan publik. Ombudsman memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan atas penyelenggaraan pelayanan publik melalui kegiatan pencegahan, penyelesaian laporan dan pengawasan atas laporan yang sudah ditindaklanjuti, hingga masyarakat dapat merasakan manfaat atas kehadiran Ombudsman RI. Melalui buku ini, kita akan semakin mengasah hati dan mata kita lebih sensitive terhadap masalah pelayanan publik sekaligus solusi untuk memperbaikinya.

Ombudsman yang turun ke lapangan menghadapi jutaan permasalahan. Dari yang sederhana sampai sangat kompleks. Pada titik ini, seorang Ombudsman yang piawai wajib memiliki kualitas khusus: handal dalam menghadapi birokrasi, sigap membuat keputusan, intelektualitas yang tinggi, santun, impartialitas, kepedulian, dan lain sebagainya. Kita semua mengharapkan Ombudsman hadir sebagai sosok yang matang. Sosok yang mampu menghadapi tantangan multi-dimensional.

‘Ombudsman RI dalam Liputan Pers’ menyajikan rekam jejak tersebut dalam dua bagian: awal mula Ombudsman, dan Kiprah  Ombudsman Bidang Pencegahan, Ombudsman Bidang Penyelesaian Laporan, dan Ombudsman Bidang Pengawasan dalam berita. Melalui kehadiran buku ini kita membagi satu mimpi yang sama, yakni lebih memperkenalkan Ombudsman pada masyarakat.

Akhir kata, buku ini didedikasikan pada seluruh insan Ombudsman dan para pemangku kepentingan di seluruh Indonesia. Semoga kehadiran buku ini dapat menjadi inspirasi bersama untuk terus meningkatkan kinerja mewujudkan Indonesia yang lebih baik, bersama Ombudsman menuju pelayanan publik yang lebih baik lagi.

 

*konsep kata pengantar

Kritik dan sarannya ditunggu ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s