Konsep 2 Kata Pengantar pada Buku ‘Ombudsman RI dalam Liputan Pers’ Critics Please..

Ombudsman mungkin terdengar asing meskipun kenyataannya Ombudsman telah hadir di Indonesia sejak tahun 1998. Bila kita bertanya pada responden pada rentang usia 18-30 di Jakarta saja, bisa dikatakan bahwa yang tahu tentang  Ombudsman baru sekitar 5%* saja. Jika yang tahu baru 5%, maka bisa diasumsikan bahwa yang mengenal dan memahami pasti lebih sedikit lagi.

Sejalan dengan dinamika organisasi Ombudsman,tren komunikasi menjadi lebih berwarna dengan hadirnya Sekretariat Jenderal Ombudsman RI pada tahun 2010. Sekretariat Jenderal tidak hanya memberikan dukungan administrative kepada Ombudsman RI, melainkan juga mampu meningkatkan akselerasi pemberitaan tentang Ombudsman di media massa serta membangun citra Ombudsman sebagai lembaga pengawas pelayanan publik mencegah maladministrasi.

Ombudsman adalah lembaga pengawasan yang tujuan besarnya mewujudkan masyarakat taat hukum dan tertib administrasi. Integritas Ombudsman terwujud melalui integritas insan-insan Ombudsman yang dijaga dengan prinsip, etika dan nilai-nilai Ombudsman yang dengan rendah hati menjadi menjadi contoh perilaku positif di masyarakat.

Uniknya Ombudsman tidak seperti lembaga-lembaga pengawas lain adalah level kewenangannya, pelayanan yang gratis, hingga kedekatan insan-insan Ombudsman dengan masyarakat melalui 29 kantor perwakilan Ombudsman di seluruh Indonesia.

Kehadiran buku kliping Ombudsman ini merupakan cerminan keberanian Ombudsman untuk menampilkan kinerja organisasi melalui sudut pandang lembaga pengawas pelayanan publik dengan rendah hati kami mempersembahkan: Ombudsman dalam Liputan Pers.

Ombudsman dalam Liputan Pers menampilkan keberadaan Ombudsman, manfaat kehadirannya, dinamika organisasi Ombudsman, integritas insan Ombudsman, nilai-nilai Ombudsman dalam perspektif pers. Menampilkan tidak hanya kliping, melainkan suatu picturesque  pihak-pihak yang berada diluar hingga bisa menjadi cermin baik bagi internal Ombudsman sekaliigus suar bagi mitra kerja dan stakeholder Ombudsman.

Akhir kata, kami mewakili tim penyusun kliping ‘Ombudsman dalam Liputan Press’ menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan dalam kegiatan ini. Kami akan lebih berterimakasih, bila ada kritik dan saran perbaikan yang akan kami arahkan dalam penyusunan kliping tahun depan.

Konsep 2 untuk Kata Pengantar dalam Buku ‘Ombudsman RI dalam Liputan Pers’

Kritik dan sarannya ditunggu^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s