Catatan tentang issue management

Suatu pagi yang berhujan, seperti pagi-pagi yang lain, membuka email sambil sarapan. Lalu menemukan email yang menarik dari xxx. Xxx merasa keberatan atas suatu hal, dan merasa dituduh ‘menyembunyikan informasi’

Seperti, pemeriksaan retina, atau petugas imigrasi yang tidak tersenyum, kadang ada hal-hal sederhana yang tidak perlu dipikirkan. Karena itu cuma masalah prosedur. Masalah pelaksanaan tugas. Begitu juga pada bidang hubungan masyarakat. Pada era teknologi informasi, bias berkembang menjadi rumor yang tidak bisa dipertanggungjawabkan lagi. Karena itu humas secara aktif memonitor dan melakukan management issue. Nothing personal, it’s just procedural.

Waktu menjadi perhatian dalam management issue, kian lama waktu terbuang, selama itu issue berkembang seperti asap hutan terbakar. Ada yang akan reda seiring waktu berjalan, ada yang membunuh para pemadam kebakaran.

Humas wajib bertindak bijaksana.

Dengan resource terbatas, dan waktu yang terus berjalan, ada hal-hal yang perlu dilakukan.
Management issue dijalankan, untuk menentukan bagaimana langkah-langkah counter issue. Ada hal-hal praktis dan kreativitas yang tumbuh dalam resource minimal.

Penutup pada catatan kecil ini, seperti semua ilmu, management issue menyenangkan untuk dipelajari tapi jauh lebih seru saat aplikasi.

Thank you all. Live long and prosper.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s