Star Trek: a good example

Saya selalu suka Star Trek. Tapi tidak seperti kali ini. Setelah pagi hari mendapat banyak wejangan terkait rencana reformasi Birokrasi sekretariat jenderal ombudsman RI. Menyadari sepenuhnya betapa kita bisa belajar dari Star Trek.

Star Trek memperlihatkan dengan gamblang, apa itu leadership, loyalty, trust, friendship, commitment, ethical conduct, bureaucracy, and .. Team work. Hal-hal mendasar yang kurasakan kian langka akhir-akhir ini.

Menjalankan pesawat galaxy class bisa diibaratkan menjalankan suatu organisasi. Kapten Kirk adalah pimpinan and his crew members adalah struktur organisasi yang bergerak berdasarkan fungsi. Semua memiliki fungsinya masing-masing dan berjalan tanpa overlap.

Tidak perlu ada 8 pimpinan dalam satu kapal. Bila sampai ada yang seperti itu, dapat dipastikan tidak akan berjalan efektif. Apalagi bila sampai ada fungsi yang overlap. Ditambah kerancuan penempatan tanggungjawab.

Untuk menjalankan suatu pesawat dalam fiksi ilmiah (ilmiah tapi tetap fiksi) saja diperlukan suatu kerja sama, suatu kegiatan terorganisir yang berkesinambungan. Apalagi dalam suatu organisasi dengan misi besar. Kita, sebagai bagian dari organisasi perlu bekerja sesuai fungsinya, agar organisasi dapat terus berjalan.

Mungkin kita perlu menonton Star Trek dan terinspirasi. Mungkin juga tidak. Tapi sementara itu, perlu kita mengingat lagi, nilai-nilai organisasi yang hampir dilupakan.. Seperti trust, loyalty, commitment, responsibility, team work. Hal sederhana, pesan sederhana tapi universal. Bukan drama cinta mendayu-dayu, atau slapstick apalagi gossip.

In my humble opinion, Star Trek adalah contoh yang baik.

Selamat malam teman-teman
live long and prosper

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s