Penilaian Kebutuhan Dalam Rangka Penyusunan Konsep Mekanisme dan Prosedur Partisipasi Publik Dalam Pembuatan Undang – Undang

Hotel Manhattan, Jakarta 10 Maret 2010

Direktorat Jenderal Perundang-undangan (Dirjen PP) berkerjasama dengan UNDP melakasanakan seminar dalam rangka Rancangan Undang-Undang (RUU) Mekanisme Partisipasi Publik. Acara tersebut di hadiri oleh Dirjen PP Abdul Wahid, SH.,MH. dan sebagai pembicaranya adalah Refly Harun.

Dalam sambutannya Dirjen PP menyatakan pemerintah saat ini sedang genjar-genjarnya melaksanakan pemerintahan yang transparan. Dan menjadi hak masyarakat untuk mengetahui kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pejabat daerah atau pusat.

Tambah beliau masyarakat masih “sering” terkejut dengan kelahiran Undang-Undang atau Kebijakan – kebijakan yang hadir secara “tiba-tiba”. Setelah memberikan sambutan dalam acara seminar tersebut Abdul Wahid, SH., MH. membuka acara.

Refly Harun mengklasifikasikan beberapa hal masalah dalam mengkonsep RUU Mekanisme Partisipasi Publik tersebut. Ada 4 (empat) masalah yang diangkat, yaitu : (1) Titik-titik Partisipasi Publik, (2) Kendala-kendala partisipasi publik, (3) Alternatif Solusi, dan (4) Peranan Kementerian Hukum dan HAM.

Dalam penjelasannya tentang RUU Mekanisme Partisipasi Publik tersebut, masih banyak masyarakat atau badan pemerintah dalam Pemahaman dan Pelaksanaan Undang-Undang KIP (UU no.14 tahun 2008) dan hak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembentukan Undang-Undang tidak disertai dengan kewajiban DPR/Pemerintah, baik dalam Undang-undang maupun peraturan dibawah Undang-undang. Dan ditambahkannya dalam proglenas tahun 2004-2009 hanya 50% (lima puluh persen) yang disetujui menjadi Undang-undang dan lebih banyak tentang Undang-undang tentang pemekaran daerah.

Dalam acara seminar ini Dirjen PP dan UNDP mengundang Bapenas,Komnas HAM, LSM, dan LBH Perempuan. Dan beberapa kementerian seperti Depkoinfo,Perhubungan dan Pertahanan.

**fou,arg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s