Catatan tentang Kinerja

Bersabar itu perlu, berkinerja itu wajib, berkarya itu penting, berinisiatif itu sangat baik, dan diatas semuanya, kita perlu mengambil sikap. Mungkin ini cerita yang terakhir mengenai Humas Kementerian Hukum dan HAM.

Seorang guru saya pernah berkata : Depresi dipicu oleh harapan dan kenyataan yang tidak sebanding. Untuk menurunkan tekanan, kita perlu menurunkan tingkat harapan agar lebih realistis. Tetapi hal ini tidak mudah untuk dilakukan. Setiap orang ingin bekerja, bukan sekedar memperoleh gaji setiap bulan. Komposisi beban kerja dan distribusi sumber daya yang tidak berimbang di lingkungan saya, — Biro Humas dan HLN Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM — mengakibatkan tidak meratanya pekerjaan, bahkan bisa dikatakan saya lebih merasa seperti pengangguran.

Reformasi Birokrasi

Reformasi birokrasi sudah didepan mata. Anggaran berbasis kinerja, remunerasi berbasis kinerja. Bagaimana bisa berkinerja sementara tidak bekerja ? Secara kuantitatif apakah bisa kerja diukur dengan absen tepat waktu ? Banyak pegawai seperti saya yang selalu absen tepat waktu, tetapi dalam jam kerja praktis nyaris tidak berbuat apa-apa. Lalu pertanyaannya, kinerja seperti apa yang akan diukur ?

Kinerja dalam arti bekerja memiliki tujuan dan target. Ada sesuatu yang ingin dihasilkan atau dicapai. Wujud pencapaian dalam bekerja terukur melalui outputs dan outcomes. Dalam mewujudkannya, organisasi memiliki rencana-rencana kegiatan , baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Rencana-rencana tersebut kemudian diuraikan menjadi pekerjaan yang lebih spesifik, menurut bagian-bagian yang ada dalam organisasi. Pekerjaan ini merupakan tugas yang lebih rinci dan sifatnya kuantitatif karena merupakan tindakan operasional.

Lau seperti apakah yang dilakukan agar dapat berkinerja ? Saat tulisan ini dibuat tidak ada. Bahkan bisa dikatakan tulisan ini bisa dibuat karena saya sedang tidak ada pekerjaan. :))

One thought on “Catatan tentang Kinerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s